Rabu, 17 Agustus 2016

SMS

Kami sanggah 02 dari 10 akuntansi 1 ingin, mempublikasikan materi tentang Sandi Angka, Sandi Jam, Sandi Nomor, Morse dan Semaphore.

Sandi artinya Rahasia menurut bahasa sansekerta. Jadi Sandi ialah kata kata yang dirahasiakan, untuk memecahkan suatu kode kita harus mengetahui beberapa kata kunci, beberapa di antara nya akan di jelaskan dibawah ini .



1. Sandi Angka
Sandi angka adalah sandi yang sangat umum digunakan dalam kepramukaan. Sandi Angka sandi yang sangat penting, karena banyak sandi lain yang menggunakan rumus sandi angka, seperti sandi kembang, sandi matematika, dsb.
Dalam sandi angka kita harus mengingat hal-hal berikut ini :
  • kata kunci yang digunakan bisa sangat bervariatif sesuai dengan keinginan pembuat sandi.
  • kata kunci tidak selalu seperti gambar di bawah ini, bisa saja huruf A ganti menjadi 2,dsb.

Contoh Sandi Angka :
Misalnya seorang pembina memberi sebuah materi dengan kata kunci 12031, dan akan dibentuk menjadi kata JALAN, maka kode dari kata tersebut ialah KCLDM. Karena K+1=J ; C-2=A ; L+0=L ; D-3=A ; dan M+1=N .

mengerti ? memang cukup sulit memahami sandi angka, tapi jika kita terus mempelajari nya pasti kita akan mengerti.


2. Sandi Jam
Sandi jam juga umum digunakan sebenarnya pada pramuka. Sandi jam, yaitu sandi yang kode nya menggunakan jam dalam penggunaannya, jam yang digunakan bisa dari jam berapa saja, tergantung pada pembina yang ingin membuat soal.
Dalam sandi jam kita harus mengingat hal- hal berikut ini :
  • waktu dan interval yang digunakan tergantung pada pembuat kode.
  • kata kunci tidak selalu di awali pukul 07:00.


Contoh soal mengenai sandi jam :
Pada suatu hari seseorang membuat pertemuan, pertemuan pertama dimulai pada pukul 09:00 , pertemuan kedua dimulai pada pukul 09:15 , sedangkan pertemuan ketiga dimulai pada pukul 09:30 . Artinya pukul 09:00 = huruf A ; pukul 09:15 = B ; sedangkan 09:30 = C . Awal huruf terdapat pada pukul 09:00 dengan interval 15 menit.

Mengerti ? lebih mudah bukan. Kita lanjut materi selanjutnya


3. Sandi Nomor
Sandi nomor sandi yang paling umum digunakan, biasanya sandi ini sudah diajarkan sejak pramuka siaga. Sandi ini, sandi yang menggunakan nomor sebagai pengganti hurufnya. Biasanya sandi nomor seperti dibawah ini.


Contoh soal mengenai sandi nomor :
Seorang pembina memberi angka 16-18-1-13-21-11-1 dan kalian disuruh memecahkan kode tersebut.
angka 16 = P ; 18 = R ; 1 = A ; 13 = M ; 21 = U ; 11 = K ; 1 = A . Arti dari kode tersebut ialah PRAMUKA.

Pada sandi nomor biasanya terbagi menjadi 2. Sandi nomor 1 dan 2, tak terlalu berbeda sandi nomor 1 dengan sandi nomor 2. Yang membedakan hanya angka awal yang digunakan. Jika sandi nomor 1 diawali huruf A = 1 ; sedangkan sandi nomor 2 huruf A = 0 .

Mengerti ? ini juga lebih mudah dari sandi sandi di atas bukan :D



Berikutnya kita akan membahas tentang materi MORSE



4. Morse
Sandi morse pertama kali dibuat oleh Samuel F.B Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835. Sandi morse pertama kali digunakan pada abad ke-19, untuk mengirim pesan antara 2 tempat yang jauh dengan menggunakan teknologi Radio CW ( Constant Wave ). Dalam Pramuka sandi morse disampaikan dengan menggunakan :

1.Bunyi : missal dengan peluit, terompet dsb
2.Sinar / Nyala : missal dengan senter, lampu, api dsb
3.Tulisan : missal dengan sandi, kode dsb

Pada bunyi, bunyi yang bernada pendek sama artinya dengan titik, dan yang bernada panjang sama dengan garis. Pada Sinar pun sama, jika sinar yang di berikan tidak lama berarti artinya titik sedangkan jika lama artinya garis.

Berikut contoh dalam tulisan





5. Semaphore
Semaphore ialah sandi yang mengunakan bendera sebagai media penyampaiannya. Bendera yang digunakan pada sandi Semaphore adalah gabungan dari 2 buah segitu berwarna merah dan kuning, yang membentuk sebuah persegi dengan ukuran 40 cm x 40 cm dan tongkat dengan panjang 50 cm. Sandi semaphore sangat penting untuk di hapal, karna menjadi salah satu syarat dalam SKU dan SKK, semaphore sendiri dapat melatih kemampuan motorik dan daya ingat kita loh.


Berikut ini gerakan yang ada pada semaphore:


Sandi semaphore memang sulit, karna harus melatih gerak motorik dan daya ingat kita, untuk mengingat semua gerakan dengan tepat. Tapi ada cara mudah untuk menghapalnya.


Ini cara mudah untuk menghapal semaphore.

Mengerti ? sulit ya. Memang sulit jika kita tidak berusaha mempelajarinya. 



Itulah materi yang telah kita bahas mengenai SMS , semoga bermanfaat. Sekian dari saya.

SALAM PRAMUKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar